BERITA TERKINI DPRD KABUPATEN NGANJUK

Posted on 14 Januari 2020 by Admin

RAPAT KERJA KOMISI II DENGAN DISNAKERKOP DAN UMKM

NGANJUK - Memasuki awal tahun anggaran, komisi DPRD Kabupaten Nganjuk bergerak cepat dengan menggelar koordinasi dengan mitra kerja. Salah satunya adalah komisi II. Kali ini komisi yang terdiri dari 9 orang anggota ini mengundang Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM. Rapat ini merupakan langkah awal untuk saling berkoordinasi dalam melaksanakan tupoksi untuk program kegiatan dalam satu tahun anggaran ke depan.

Rapat dilaksanakan pada Selasa (14/1) di ruang Komisi II Gedung DPRD Kabupaten Nganjuk yang terletak di lantai 2. Rapat dipimpin ketua komisi II, Bashori S. Sos. Dan nampak hadir anggota Komisi II diantaranya R. Bambang, Ika Puji, Hj. Dwi Retno, Drs. Gondo, Trisna Roosita, Abdul Haq dan tentu saja kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UMKM Kabupaten Nganjuk beserta staf.

Pertama, mari bersama-sama mengucap syukur alhamdulillah karena hingga detik ini kita masih bisa bersua untuk duduk bersama mengevaluasi kinerja pada tahun 2019. Kedua, di tahun 2020 apa saja persiapan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM terkait koperasi yang ada di Kabupaten Nganjuk. Karena berdasar jumlah data disini (data yang telah diberikan kepada anggota dari Dinas) terdapat koperasi yang aktif dan ada pula yang setengah aktif. Seperti yang kita lihat di lapangan terdapat banyak sekali koperasi di Nganjuk, namun dari data hanya terdapat 52 koperasi yang aktif. Dan kami juga mensinyalir adanya koperasi-koperasi yang berkedokkoperasi namun faktanya beroperasi layaknya rentenir.Ketiga, bagaimanakah perkembangan UMKM di Kabupaten Nganjuk,” buka Bashori.

Kesempatan selanjutnya diberikan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UMKM Kabupaten Nganjuk untuk memberikan penjelasannya. Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk Drs. Agus Frihannedy,M.Simenyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota komisi II karena telah ikut memantau kinerja Disnakerkop dan UMKM. “Kami berharap hubungan yang baik ini akan terus terjalin sehingga kinerja kami menjadi lebih baik dimana masukan dan kritik dari para anggota dewan selalu kami nantikan. Kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus berkoordinasi dengan komisi II,” ujar Agus.

“Mengenai jumlah koperasitotal ada 873 koperasi yang ada di Kabupaten Nganjuk baik yang aktif maupun yang tidak aktif. 565 yang aktif yakni masih melakukan aktifitas, sedangkan yang tidak aktif atau yang dikatakan kurang sehat terdapat 308 karena tidak melakukan aktifitas di setiap tahunnya,” imbuh Agus.

Terkait koperasi yang berkedok rentenir, dibenarkan oleh Agus. Disebut demikian karena tidak memiliki ijin/ilegal dan penawaran bunganya tinggi. Untuk itu pihaknya meminta dukungan para anggota dewan agar saat PAK tahun 2020 tersebut dibantu untuk mengegolkan anggaran yang akan digunakan untuk pengawasan dengan tujuan antisipasi kepada Koperasi-koperasi yang berkedok seperti model rentenir. “Selama ini saat terjun langsung kelapangan biasanya dilakukan secara personal dan tidak berbadan hukum. Jadi selama ini banyak praktik seperti itu namun Disnakerkop dan UMKM terkendala fasilitasi dalam penanganan langsung dikarenakan membutuhkan anggaran untuk petugas dalam mengecek kevalidan dan hal lain-lainnya.

“Sementara untuk meminimalisasi banyaknya koperasi yang ilegal ini, kami berupaya meningkatkan pelaksanaan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan memunculkan wirausaha baru. Sementara untuk mengantisipasi masuknya industri di Kabupaten Nganjuk kami juga berupaya melakukan pelatihan-pelatihan seputar bidang industri sehingga nantinya masyarakat akan dapat lebih mudah memasuki kawasan perindustrian,” Jelas Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa untuk pelayanan terdapat website untuk pelatihan, masyarakat dapat mengakses langsung pelatihan mana yang ingin diikuti maka dapat mendaftarkan diri langsung melalui online. Hal tersebut dapat memaksimalkan pemeratan dan penepatan sasaran pelatihan, sehingga tidak hanya pihak-pihak yang dekat dengan perangkat ataupun pegawai yang dapat mengikuti pelatihan namun semua masyarakat bisa mengikuti dengan dasar formulir yang telah dicek. Selain itu website juga memudahkan penyampaian informasi yang dapat semua masyarakat mengkonsumsinya.

Bashori mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Agus dan menghimbau supaya ada pembinaan dan terus memantau koperasi-koperasi luar yang masuk ke Nganjuk. Harus bisa menertibkan mana koperasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Drs. Gondo juga mengusulkan agar dinas melakukan pembinaan yang maksimal kepada koperasi-koperasi yang aktif.

Sebelum ditutup, Bashori mengingatkan kembali agar keberadaan koperasi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, supaya benar-benar dipantau juga nasabahnya apakah setelah meminjam dapat berkembang atau malah bermasalah. (Tim)

kembali ke [MENU BERITA]

Galeri Foto

Lokasi Kami

Hubungi Kami

Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk

Alamat: Jl. Gatot Subroto Nganjuk
Telephone: +62358-323495
Fax: +62358-327183