BERITA TERKINI DPRD KABUPATEN NGANJUK

Posted on 17 Juni 2019 by Admin

DUA RAPERDA INISIATIF DPRD KABUPATEN NGANJUK DISAMBUT POSITIF OLEH PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NGANJUK.

NGANJUK - Tak menunggu lama, kali ini DPRD Kabupaten Nganjuk kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda tanggapan Bupati Nganjuk terhadap dua raperda inisiatif DPRD Kabupaten Nganjuk. Adapun dua raperda dimaksud adalah Raperda tentang Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup serta Raperda tentang Pendidikan Nonformal Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Pondok Pesantren.

Secara umum, rapat paripurna berlangsung lancar meski mengalami keterlambatan dari jadwal yang diagendakan. Usai dibuka oleh pimpinan DPRD kesempatan diberikan kepada Bupati Nganjuk untuk memberikan tanggapannya terhadap dua raperda inisiatif DPRD. Dalam tanggapannya Bupati Nganjuk memberikan penjelasan mengapa diperlukan pembahasan segera terhadap dua raperda inisiatif DPRD.

“Guna mewujudkan lingkungan hidup yang serasi, selaras dan seimbang perlu dilakukan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara sistematis, terpadu dan konsisten oleh Pemda, masyarakat dan dunia usaha. Pencemaran dan perusakan lingkungan membuat daya dukung dan tampung menurun dan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya,” jelas Bupati.

“Tekanan terhadap daya dukung lingkungan sebagai akibat beban buangan limbah juga disebabkan oleh kondisi letak geografis daerah yang berada di lengkungan dan lintasan daerah aliran sungai. Selain itu, juga tidak proporsionalnya keberadaan ruang terbuka hijau dengan luas areal terbangun kota akibat kegiatan pembangunan fisik dan padatnya penduduk. Hal ini menjadi penyebab kurangnya resapan air ke dalam tanah yang berdampak pada semakin meningkatnya potensi banjir dan tanah longsor.

Sementara untuk raperda tentang pendidikan nonformal madrasah diniyah takmiliyah dan pondok pesantren pihak eksekutif sepakat untuk segera diakukan pembahasan lebih lanjut. “Demikian penyampaian pendapat kami secara garis besar, dan selanjutnya perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Semoga Allah SWT memberikan bimbingan dan petunjukNya bagi kita semua,” ujar Bupati Nganjuk mengakhiri sambutannya.

Semoga ke depan dua raperda tersebut bisa diselesaikan tepat waktu meski sudah sangat mepet dengan masa pergantian untuk anggota dewan yang baru. Sehingga, ke depan para wakil rakyat yang baru bisa merumuskan raperda lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak lagi mengerjakan “peer” yang ditinggalkan oleh para wakil rakyat dari periode lama. Dan para wakil rakyat yang saat ini yang nanti tidak menjabat lagi bisa fokus untuk mengabdi di bidang lain kepada masyarakat dan tidak memiliki “hutang” karena masih meninggalkan “peer” bagi periode selanjutnya. (Tim)

kembali ke [MENU BERITA]

Galeri Foto

Lokasi Kami

Hubungi Kami

Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk

Alamat: Jl. Gatot Subroto Nganjuk
Telephone: +62358-323495
Fax: +62358-327183