BERITA TERKINI DPRD KABUPATEN NGANJUK

Posted on 16 Pebruari 2019 by Admin

KURANG ENAM BULAN MENJABAT, ANGGOTA DEWAN KEBUT PEMBAHASAN RAPERDA

NGANJUK - Terhitung mulai bulan ini, masa bhakti jabatan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk periode 2014-2019 kurang enam bulan lagi dan masih ada beberapa raperda dalam program legislatif daerah (prolegda) 2018 yang belum tuntas. Baik itu merupakan raperda inisiatif DPRD maupun usulan dari eksekutif. Kali ini dalam rentang waktu yang tersisa tersebut, anggota dewan mencoba untuk menyelesaikan targetnya agar raperda yang masuk dalam prolegda bisa diselesaikan sesuai dengan waktunya.

Ada dua raperda inisiatif DPRD yang pada bulan ini ditetapkan siapa saja yang akan membahasnya. Dua raperda tersebut adalah raperda tentang penggunaan jalan umum untuk angkutan hasil tambang berupa tanah urug dan raperda tentang penyelenggaraan pusat perbelanjaan dan toko swalayan. Kedua raperda tersebut akan dibentuk panitia khusus yang disahkan dan ditetapkan pada rapat paripurna.

Guna mengejar target tersebut, Sabtu (16/2) DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda pengesahan dan penetapan rantus DPRD terhadap pembentukan kedua pansus raperda tersebut di atas. Sebagai informasi kedua raperda tersebut ingin segera dibahas karena sebagaimana kita tahu banyak sekali proyek-proyek nasional seperti jalan tol yang tentu saja materialnya (tanah urug misalnya) pengangkutannya menggunakan jalan umum, sehingga berdampak rusaknya jalan umum yang menjadi akses warga masyarakat. Selain itu, semakin banyaknya pusat perbelanjaan dan toko modern yang menjamur di lingkungan wilayah Kabupaten Nganjuk. Tentu hal ini harus diatur agar keberadaan pasar tradisional juga tetap ada apalagi geliat ekonomi masyarakat yang semakin hari semakin konsumtif.

Sebagaimana yang telah disampaikan di atas, kedua raperda tersebut akan dibahas oleh anggota pansus yang masing-masing terdiri dari maksimal 15 orang anggota sebagiamana tatib DPRD Nomor 1 tahun 2018. Nama-nama anggota pansus diusulkan oleh masing-masing fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Nganjuk. Pansus 1 sebagai pembahas raperda tentang penggunaan jalan umum untuk angkutan hasil tambang berupa tanah urug diketuai oleh Kamto sementara pansus II sebagai pembahas raperda tentang penyelenggaraan pusat perbelanjaan dan toko swalayan akan dipimpin oleh Politisi PKB, Bashori, S. Sos yang juga ketua komisi II DPRD Kabupaten Nganjuk.

Kita semua berharap kedua pansus ini akan menyelesaikan pembahasan kedua raperda tersebut tepat waktu mengingat pada bulan-bulan setelahnya akan banyak sekali agenda seperti pilihan legislatif dan tahun ini merupakan periode terakhir mereka menjabat. (Tim)

kembali ke [MENU BERITA]

Galeri Foto

Lokasi Kami

Hubungi Kami

Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk

Alamat: Jl. Gatot Subroto Nganjuk
Telephone: +62358-323495
Fax: +62358-327183